Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Plegmatis…Apaan Tuh?

Nah, pasti ada beberapa yang bingung begitu denger ‘Sanguinis’, ‘Koleris’, ‘Melankolis’, dan ‘Plegmatis’. Itu tadi adalah 4 tipe kepribadian manusia menurut ilmu psikologi (hwehehe…). Pengin tau apa itu Sanguinis, Koleris, Melankolis sama Plegmatis?? Langsung aja kita liat di TKP (eh??)….

Sanguinis

Orang dengan tipe kepribadian Sanguinis cenderung terbuka (bahkan mungkin ‘super terbuka’). Mereka juga suka berbicara, mudah menyesuaikan diri, ramah, hangat, humoris, dan reponsif. Orang-orang Sanguinis sangat suka bergaul dan spontan, jarang kuatir dengan masa lalu atau masa depan, dan lebih menikmati kegembiraan hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Orang-orang Sanguinis jarang berpikir berat; mereka lebih sering menafsirkan kejadian-kejadian yang ada dengan cepat.
Seringkali mereka mendapatkan masalah dari keputusannya sendiri, karena mereka jarang mengantisipasi pilihan atau tindakan mereka. Perasaan mereka lebih mendominasi dalam segala hal, sehingga menjurus pada keputusan-keputusan yang bersifat emosional.

Pada dasarnya, orang-orang Sanguinis adalah pribadi yang gembira, mudah membuat orang lain tertawa, dan bisa menyemangati orang lain. Sayangnya, mereka cenderung bersifat impulsif (bertindak sesuai emosi atau sesuai keinginannya).

Koleris

Tipe kepribadian Koleris juga merupakan tipe kepribadian yang terbuka, tapi tingkat keterbukaannya lebih rendah dari tipe Sanguinis yang notabene ‘super terbuka’. Orang-orang Koleris adalah pribadi yang aktif, pekerja keras, ambisius,  Mereka cenderung bersifat keras kepala, dikarenakan kemauannya yang keras. Jika seseorang mempunyai tipe kepribadian Koleris, maka kata ‘kompromi’ tidak ada di kamus mereka. Orang-orang Koleris tidak bisa diajak kompromi, kecuali kompromi itu bermanfaat bagi diri mereka sendiri. Mereka mempunyai tujuan untuk segala sesuatu, mulai dari kesehatan jasmani sampai tingkah laku.

Orang-orang Koleris percaya bahwa mereka dilahirkan sebagai pemimpin. Dalam sebuah kelompok, seorang Koleris akan selalu tampil di depan dan menjadi pemimpin kelompok tersebut. Ambisi mereka untuk menjadi ‘The #1’ sangatlah besar. Mereka suka memerintah dan mengkritik orang lain, tetapi tidak mau diperintah dan dikritik orang lain.

Orang-orang Koleris terkesan kejam dan sinis, mereka kurang bisa berempati pada orang lain, belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga minim, karena perasaannya kurang bermain.

Melankolis

Tak diragukan lagi, tipe kepribadian Melankolis adalah tipe kepribadian yang paling berbakat, sekalipun mereka adalah tipe terakhir yang menghargai bakat mereka sendiri. Pada dasarnya, mereka adalah orang-orang yang tertutup. Mereka cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan sangat menghargai seni. Orang-orang Melankolis adalah orang-orang yang pemurung dan gampang tersentuh. Mereka dilahirkan sebagai pribadi yang perfeksionis, analitis, sistematis, serius, rela berkorban, dan takut akan kegagalan. Mereka juga suka meremehkan diri sendiri, walaupun sebenarnya mereka adalah orang-orang yang produktif dan berbakat.

Tipe Melankolis cenderung terobsesi untuk menghasilkan karya yang paling bagus dan sempurna. Mereka sangat sensitif, dan sangat mudah dikuasai oleh perasaan. Seringkali, perasaan yang mendasari kehidupan sehari-harinya adalah perasaan murung.

Plegmatis

Selain tipe Melankolis, tipe Plegmatis juga merupakan tipe kepribadian yang tertutup. Mereka nyaris tidak pernah marah. Mereka cinta damai dan tidak suka terlibat dalam pertengkaran. Orang-orang Plegmatis adalah orang-orang yang pemalu dan tidak ingin menonjol di keramaian. Mereka dilahirkan dengan bakat diplomasi; kalau mereka mempunyai kekurangan, akan mereka kemukakan dengan cara sediplomatis mungkin.

Orang-orang Plegmatis mempunyai pembawaan yang tenang dan kalem; mereka juga dicintai oleh anak-anak. Mereka juga bisa membuat orang-orang tertawa dengan sifat humorisnya. Kadang, mereka tampak tidak beremosi, jarang menampakkan perasaan sedih atau senangnya, dan naik turun emosi mereka tidak tampak dengan jelas. Mereka bisa menguasai diri mereka sendiri, introspektif, dan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Kelamahan tipe kepribadian Plegmatis adalah mereka cenderung mencari jalan pintas dan hanya ingin mengambil mudahnya saja.

***

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk tipe Sanguinis yang selalu ceria, atau Koleris si pekerja keras? Mungkin, Anda adalah tipe Melankolis yang sensitif dan pemurung. Atau, Anda termasuk dalam kategori Plegmatis, yang cinta damai dan penuh diplomasi. Perlu diketahui, bahwa tidak ada satupun manusia di dunia yang sepenuhnya bertipe Sanguinis, Koleris, Melankolis, maupun Plegmatis. Tipe kepribadian manusia juga dipengaruhi oleh pola pengasuhan dan lingkungan sekitar. Jadi, seseorang bisa saja mempunyai semua tipe kepribadian yang sudah disebutkan  di atas, tetapi diantara semua tipe itu, pasti ada satu yang lebih dominan.

Sekian…😀

One thought on “Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Plegmatis…Apaan Tuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s